Dari Pada Antri di ATM mending Bayar2 Sambil Santai di HP Pribadi. Lebih Murah dan Dapat Cashback !

Sabtu, 29 Oktober 2011

Informasi Penting Seputar Perawatan Bayi Prematur

Halo sahabat bidancare.

Ada satu  pertanyaan nih dari seorang sahabat bidancare melalui email. Tentang apa saja yang perlu kita tahu tentang bayi prematur ? Karena jawaban bidancare cukup panjang , maka sekalian saya berbagi di kompasiana semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ini.

Sahabat, layaknya merawat bayi yang lahir cukup bulan tentu saja bayi prematur juga membutuhkan perawatan yang sama. Termasuk didalamnya perawatan kebersihan dan kebutuhan minum. Namun demikian ada beberapa ‘ hobby ” atau  kebiasaan yang sering dimiliki oleh bayi - bayi prematur yang membuat kita harus lebih hati  - hati dan ekstra perhatian untuk merawat si bayi yang terlahir sebelum waktunya  yakni kurang dari 37 minggu ini.

Yuk kita perhatikan apa saja sih yang mudah terjadi atau sering diitemukan  dan menjadi sebagian masalah pada bayi prematur.
 
1.Bayi prematur mudah  kedinginan
Mengapa ? karena pada kulit bayi prematur sangat tipis dan mengandung sedikit sekali lemak. Selain itu pusat pengatur suhu tubuhnya juga belum sempurna. Bayangkan saja bagaimana si mungil nan imut ini harus berjuang untuk mempertahankan suhu tubuh badannya. Di dalam rahim sang bayi cukup hangat tapi ketika harus terlahir maka suhu di luar rahim ibu cenderung lebih dingin. Itulah sebabnya bayi prematur perlu dihangatkan antara lain dengan metode kanguru, ibu atau ayah mengendong bayi di dada dengan alat gendong khusus, agar bayi bisa kontak dari kulit ke kulit langsung dengan orang tua. Kehangatan tubuh ibu atau ayah sanggup membuat si mungil   bertahan di lingkungan luar rahim. Selain itu dapat pula menggunakan incubator atau cahaya lampu.
 
2.Bayi prematur sering mogok  bernafas
Nah ini yang sering juga terjadi. Hal ini akibat si bayi belum mempunyai fungsi paru - paru yang matang dan ada lapisan paru yang belum terbentuk sempurna. Akibatnya gangguan pernafasan terjadi. Dalam keadaan dimana bayi prematur gagal bernafas spontan maka bayi prematur perlu bantuan alat khusus di rumah sakit dalam beberapa waktu sampai keadaan fungsi paru - parunya stabil. Selama kondisi rawan ini   maka perawatan  dilakukan oleh tenaga kesehatan
 
3. Cadangan gula dalam tubuh bayi prematur cenderung mudah turun
Lagi - lagi masalah ini berkaitan erat dengan perubahan lingkungan dari dalam rahim ke luar rahim. Waktu masih dalam kandungan si bayi prematur ini cukup mendapat pasokan zat gula dan zat makanan melalui  ibu yang dialirkan ke rahim melalui ari ari dan tali pusat. Nah begitu si bayi terlahir , dengan segala upaya bayi yang belum matang organ tubuhnya ini terpaksa harus berjuang  mandiri untuk memenuhi kebutuhan zat makanan atau sumber zat gula dalam tubuhnya.
Pada kondisi tertentu bayi prematur  terpaksa harus  dibantu dengan tindakan medis atau pemberian cairan infus yang mengandung zat  gula. Hal yang bisa dilakukan orangtua jaga kehangatan tubuh bayi agar kalori tubuhnya tidak semakin banyak yang terbakar dan terbuang. Kenakan topi kepala, kaus kaki dan kaus tangan, beri selimut dan jangan lupa sering didekap. Penuhi kebutuhan ASI sesuai jadwal pemberian setiap 2 jam.
 
4.Bayi prematur sering terserang kuning.
Hal ini bisa terjadi pada setiap bayi prematur. Hati pada bayi prematur belum terbentuk sempurna sehingga pembuangan zat  sisa dari tubuh yang disebut dengan bilirubine tidak bisa terbuang dengan lancar melalui buang air kecil maupun buang air besar.
Tak perlu cemas, ibu perlu memasok ASI sesering mungkin bagi si mungil maka akan memperlancar buang air besar dan air kecil pada bayi prematur, dengan sendirinya kuning akan dibersihkan terbuang saat bayi buang air besar maupun saat buang air kecil. Sebagai tindakan lanjut  dokter menganjurkan terapi sinar yang  bertujuan untuk menurunkan kadar kuning pada tubuh bayi.  Bila tak ada alat untuk terapi sinar . Misalnya di desa  terpencil dapat pula memanfaatkan sinar matahari pagi dan tak boleh terlalu lama , dan jaga mata bayi jangan menghadap cahaya matahari.
 
5. Bayi prematur malas menghisap dan suka  tidur lama

Nah ini dia, hati - hati jika merawat bayi prematur, kalau sudah malas menghisap dan lebih banyak tidur, sebaiknya dikonsultasikan dengan bidan atau tenaga kesehatan lain agar di periksa apa ada masalah kesehatannya. Bayi kurang bulan memang aktifitasnya tidak sebanyak bayi cukup bulan. Pada bayi prematur waktunya seringkali habis untuk tidur. Oleh sebab itu orang tua bayi prematur harus rajin membangunkan bayi tiap 2 jam untuk pemberian minum ASI dan bila menghisapnya sangat pelan perlu telaten dan  hati - hati jangan sampai  tersedak.
 
6.Kulit dan bagian - bagian tubuh  bayi prematur sensitif
Ini tak kalah penting. Yaitu perawatan kebersihan tubuh bayi prematur. Hati - hati dalam merawat, karena kulit bayi prematur sangat sensitif dan mudah terjadi ruam atau kemerahan pada sela sela tubuh, misal pada pantat, sela leher, sela kaki dan sebagainya. Bersihkan bayi prematur  kapas yang dibasahi  baby  oil hangat. Apabila memandikan dengan air pastikan bahwa air mandi  memiliki kehangatan yang cukup sesuai dengan tubuh bayi. Jaga kuku tangan ibu atau pengasuh  agar tetap pendek agar tidak menggores tubuh bayi. Jaga pula kebersihan tali pusar bayi setiap kali memandikan agar tidak infeksi.
 
7.Bayi prematur mudah infeksi
Wah kasihan ya si mungil. tubuhnya masih lemah tapi harus bertahan dan berjuang melawan kuman nakal di sekitarnya.Apa yang bisa ibu lakukan ya? Berikan ASI sedini mungkin, walau hanya setetes ASI jangan di buang agar zat kekebal;an dari ibu bisa masuk ke tubuh bayi, Zat itu berguna sebagai tentara yang menyerang kuman - kuman nakal yang berada di sekitar bayi prematur. Jangan tunggu ASI keluar banyak baru memberi ASI pada bayi prematur, tetapi mulailah dengan memerah ASI sedikit demi sedikit. Dengan bangga ibu boleh menyerahkan pada bidan selama bayi dirawat dalam inkubator. ASI akan meningkatkan kekebalan alami si mungil.

Sahabat semoga dengan menrima informasi ini kita bisa saling berbagi untuk mempertahankan kesehatan bayi - bayi prematur, jika ibu dan ayah sudah tahu informasi seputar perawatan bayi prematur ini  maka bidan dan dokter akan dengan mudah bekerjasama dengan orangtua bayi prematur agar perawatan berlangsung maksimal. Bukankah tak kenal maka tak sayang, dengan mengenal  kebiasaan dan hoby si bayi prematur maka kita akan semakin menyayangi dan memperhatikan detik demi detik perkembangan si mungil dengan percaya diri.

Oya sahabat ada catatan kecil untuk perawatan bayi prematur ini antara lain bayi prematur juga akan lebih cepat meningkat berat badannya bila di beri sentuhan kasih sayang, dapat pula dengan pijat bayi khusus prematur, memberikan musik klasik dan kurangi stres bayi terhadap rangsangan suara keras yang mengejutkan maupun rangsangan  cahaya terang yang berlebihan. Ciptakan suasana kehangatan dan kenyamanan seperti saat bayi dalam kandungan agar ia tetap bertahan dan sehat.

SALAM HANGAT
Bidan Romanatari
( Disarikan dari berbagai literatur perawatan bayi prematur dan pengalaman sehari - hari bertugas di ruang Neonatus (Perinatal Resiko Tinggi )

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2011/01/18/informasi-penting-seputar-perawatan-bayi-prematur/ 

0 komentar:

Posting Komentar