Dari Pada Antri di ATM mending Bayar2 Sambil Santai di HP Pribadi. Lebih Murah dan Dapat Cashback !

Selasa, 01 November 2011

Cara Melakukan Metode Kanguru


Ini berawal ketika anak saya dirawat di Rumah Sakit Imanuel Bandung karena di diagnosis Bronchitis, setelah lima hari dirawat di sana akhirnya dokter membolehkan anak saya untuk pulang. Sambil menunggu proses penghitungan biaya rawat-inap selama lima hari, secara kebetulan para calon dokter yang sedang melaksanakan praktek di RS terebut mengadakan acara penyuluhan yang berjudul “Metode Kanguru”, dan penyuluhan tersebut tepat diadakan di depan ruangan dimana anak saya dirawat.

Metode Kanguru, mmmh….. awalnya saya tidak begitu faham, kenapa para calon dokter ini memberi judul penyuluhannya tentang Metode Kanguru?.

Namun setelah kurang lebih 30 menit mereka menjelaksan tentang Metode Kanguru ini, barulah saya faham dan dapat menerimanya. Isi dari penyuluhan inilah yang ingin saya angkat dalam artikel kali ini.

Anda tahu kan Kangguru? Katanya kangguru selalu melahirkan anaknya secara premature. Saya tidak tahu apakah itu benar atau masih dalam pengkajian, saya tidak akan membahasnya lebih jauh (takut salah :D ).

Yang perlu saya garis bawahi adalah kata premature. Dalam dunia medis bayi yang bobotnya kurang dari 2500 gram maka bayi tersebut dikatakan premature atau memiliki berat badan rendah.

Bayi yang memiliki berat badan rendah sangat rentan terhadap suhu disekitarnya, suhu tubuh yang normal untuk anak-anak adalah 35,5oC sampai 37,5oC. Sedangkan suhu bayi prematuree sangat tergantung oleh suhu ruangannya, apabila suhu ruangan terlalu dingin maka suhu bayi premature tersebut bisa juga mengalami kedinginan sehingga dapat membekukan darahnya yang mungkn bisa berakhir dengan kematian.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginan bayi tersebut maka diperlukan perawatan secara medis, dan Anda bisa menggunakan Metode Kanguru untuk mengurangi resiko kematian pada bayi premature.

PENGERTIAN

Metode Kanguru adalah sebuah metode perawatan bayi yang baru lahir dengan cara meletakan bayi di dada ibu (skin to skin) untuk menyalurkan kehangatan pada bayi. Tujuannya kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi dapat menurunkan hilangnya panas melalui konduksi dan radiasi serta bertujuan untuk mempertahankan neutral thermal environment/NTE, yaitu kisaran suhu lingkungan sehingga bayi dapat mempertahankan suhu tubuhnya tetap normal dengan metabolisme basal minimum dan kebutuhan oksigen terkecil. Metoda ini dapat juga dilakukan untuk bayi sehat. Sehingga dengan kontak langsung kulit ibu bayi ini kebutuhan dasar dari bayi berupa kehangatan, ASI, kasih sayang dan perlindungan bisa dipenuhi.

Metode Kanguru ditemukan sejak tahun 1983, sangat bermanfaat untuk merawat bayi yang lahir dengan berat badan rendah baik selama perawatan di rumah sakit ataupun di rumah
CARA MELAKUKAN METODE KANGURU

* Beri bayi pakaian, topi , popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan lebih dahulu
* Letakkan bayi di dada ibu, dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk , kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak.
* Dapat pula memeakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu , dan bayi diletakkan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan, kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh.
* Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi , dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastik atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi.
* Ibu dapat beraktivitas dengan bebas, dapat bebas bergerak walau berdiri , duduk , jalan, makan dan mengobrol. Pada waktu tidur , posisi ibu setengah duduk atau dengan jalan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung ibu.
* Bila ibu perlu istirahat , dapat digantikan oleh ayah atau orang lain.
* Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan persiapan ibu, bayi, posisi bayi, pemantauan bayi, cara pamberian asi , dan kebersihan ibu dan bayi.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN METODE KANGURU:

* Meningkatkan hubungan emosi ibu – anak
* Menstabilkan suhu tubuh , denyut jantung , dan pernafasan bayi
* Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik
* Mengurangi lama menangis pada bayi
* Memperbaiki keadaan emosi ibu dan bayi
* Meningkatkan produksi ASI
* Menurunkan resiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit
* Mempersingkat masa rawat di rumah sakit
* Mempercepat kenaikan berat badan bayi
* Menstabilkan denyut jantung dan pernapasan
* Memperpanjang waktu tidur
* Menciptakan suasana nyaman dan mengurangi stress pada bayi

KRITERIA BAYI UNTUK METODE KANGURU

* Bayi dengan berat badan ≤ 2000 g
* Tidak ada kelainan atau penyakit yang menyertai
* Refleks dan kordinasi isap dan menelan yang baik
* Perkembangan selama di inkubator baik
* Kesiapan dan keikut sertaan orang tua, sangat mendukung dalam keberhasilan.

Mungkin itulah sedikit –banyak yang saya bahas tentang Metode Kanguru, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Sumber : http://sovianchoeruman.wordpress.com/2010/07/26/metode-kanguru-untuk-bayi-premature/

0 komentar:

Posting Komentar