Dari Pada Antri di ATM mending Bayar2 Sambil Santai di HP Pribadi. Lebih Murah dan Dapat Cashback !

Sabtu, 29 Oktober 2011

Metode Kanguru : Kehangatan Tubuh Bunda Menjadi Hal Penting Bagi Bayi Prematur

Bayi prematur pada pengertian awamnya adalah ketika Bayi lahir kurang dari umur kelahiran. Biasanya bayi permatur membutuhkan perawatan intensif atau semi-intensif di rumah sakit hal ini diperlukan karena sistem organ-organ bayi belum matang sehingga butuh bantuan untuk tetap hidup. Namun jika kondisinya memungkinkan bayi prematur bisa langsung dibawa pulang dan dirawat dirumah.

Menurut dr Firman Chatab SpA, dari RS. MH. Thamrin Internasional, Jakarta Pusat, penentuan kondisi bayi prematur layak dibawa pulang atau tidak, bukan hanya berdasar pada usia kehamilan. Berat badan bayi saat lahir juga harus dipertimbangkan.

“Bayi prematur dengan berat badan minimal 1,8-2 kilogram sudah aman untuk dibawa pulang asalkan tidak ada kelainan atau memiliki faktor penyulit akibat belum sempurnanya semua organ tubuh,” jelasnya. Menurutnya, berat badan dua kilogram ini setara dengan usia kehamilan 34 minggu di mana bayi sudah memiliki reflek hisap dan pola nafas teratur.

Pada bayi yang lahir di bawah 34 minggu belum memiliki pola nafas teratur sehingga terkadang “lupa” bernafas karena paru-parunya belum sempurna. Sebelum pulang, bayi prematur harus mampu minum secara aktif. Sebagian besar NICU (Neonatal Intensive Care Unit) memiliki persyaratan tertentu agar bayi diizinkan pulang ke rumah:

1. Suhu tubuh bayi dapat dipertahankan bila sedang berada dalam ruangan, umumnya pada usia 34 minggu atau berat 2000 gram.
2. Bayi cukup makan untuk mendapatkan tambahan berat 20 hingga 30 gr setiap harinya.
3. Bayi cukup sehat untuk pulang ke rumah (tidak membutuhkan pengobatan yang memerlukan penanganan di rumah sakit).
4. Tidak memiliki perubahan besar saat pengobatan atau pemberian oksigen.
5. Beberapa hari setelah bayi dipulangkan, bayi harus kembali diperiksa ke dokter setiap satu atau dua minggu hingga bayi memperoleh kenaikan berat badan yang sesuai, serta sudah dapat beradaptasi dengan keadaan rumah. Pastikan dokter mengetahui riwayat kehamilan, kondisi bayi saat baru lahir, hingga risiko komplikasi yang dapat terjadi pada bayi.

Dikarenakan bayi prematur dilahirkan sebelum siap secara fisik untuk meninggalkan rahim, mereka membutuhkan perhatian medis khusus sesegera mungkin setelah dilahirkan. Si kecil mungkin membutuhkan beberapa tes medis yang berbeda dari yang dibutuhkan bayi yang cukup umur. Hal ini akan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan mingguan sebelum si kecil dapat dibawa pulang.

Bayi prematur tidak mempunyai refleks menghisap dan menelan yang sempurna sehingga pemberian nutrisi harus diperhatikan juga memenuhi unsur gizi untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan.

Jika si kecil yang prematur sudah lolos persyaratan untuk dibawa pulang, apa saja perlatan 'khusus' yang diperlukan untuk disiapkan di rumah?

Beri bayi pakaian, topi , popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan lebih dahulu

Letakkan bayi di dada ibu, dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk , kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak.

Dapat pula memakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu , dan bayi diletakkan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan, kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh.

Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi , dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastik atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi.

Ibu dapat beraktivitas dengan bebas, dapat bebas bergerak walau berdiri , duduk , jalan, makan dan mengobrol. Pada waktu tidur , posisi ibu setengah duduk atau dengan jalan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung ibu.

Bila ibu perlu istirahat , dapat digantikan oleh ayah atau orang lain.

note :

Si kecil harus tidur dalam keadaan telentang karena posisi tengkurap akan mengganggu sistem pernafasannya.

Kehangatan adalah hal terpenting yang harus dijaga dari si kecil yang lahir prematur, maka jaga agar ia selalu dalam keadaan hangat.

Sumber : http://www.anmum.com/id/main.aspx?sid=2204&sva=3

0 komentar:

Posting Komentar