Dari Pada Antri di ATM mending Bayar2 Sambil Santai di HP Pribadi. Lebih Murah dan Dapat Cashback !

Selasa, 15 November 2011

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Membawa Pulang Bayi Prematur

Dikarenakan bayi prematur dilahirkan sebelum siap secara fisik untuk meninggalkan rahim, mereka membutuhkan perhatian medis khusus sesegera mungkin setelah dilahirkan. Bayi anda mungkin membutuhkan beberapa tes medis yang berbeda dari yang dibutuhkan bayi yang cukup umur. Hal ini akan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan mingguan sebelum bayi anda dapat dibawa pulang.

Kondisi OKE untuk Pulang
Saat ini ketika bayi anda diperbolehkan pulang, dokter spesialis anak anda akan menyetujui untuk memperbolehkan bayi anda keluar dari rumah sakit, berdasarkan beberapa tatalaksana seperti :

* Bayi anda dapat bernapas sendiri
* Bayi anda dapat mempertahankan suhu tubuhnya
* Bayi anda dapat menyusui baik dengan ASI atau melalui botol susu
* Bayi anda telah bertambah beratnya dengan mantap saat keluar dari RS

Masalah medis lainnya harus telah dibereskan, atau perawatan yang diperlukan di rumah harus telah disiapkan sebelum bayi meninggalkan rumah sakit. >/p>

Pertanyaan yang Harus diajukan sebelum Meninggalkan Rumah Sakit
Dokter spesialis anak anda akan menghubungi anda sebelum bayi anda meninggalkan rumah sakit.
Pastikan beliau menjelaskan beberapa hal berikut :

* Bagaimana merawat bayi di rumah
* Kapan perlu menghubungi dokter atau rumah sakit
* Bagaimana mengetahui apakah bayi anda cukup minum, cukup tidur dan pertambahan berat badannya cukup
* Obat-obatan apa saja yang dibutuhkan
* Seberapa seringnya bayi anda dibaa ke dokter. Pengecekan rutin dengan dokter spesialis anak sangat penting bagi kesehatan anak anda. Pastikan anda mendiskusikan hal-hal yang meragukan mengenai kesehatan bayi anda.



Jika Anda Harus Membawa Pulang Peralatan Rumah Sakit
Beberapa bayi prematur membutuhkan monitor dan perlengkapan lain di rumah. Misalnya, jika masalah yang dihadapi adalah apnea (henti napas) maka dapat dilakukan monitoring dirumah. Beberapa bayi juga membutuhkan oksigen dan perawatan lain. Anda dan pengasuh akan dilatih sedemikian rupa untuk menjaga dan menangani bayi anda dan kebutuhan lainnya yang diperlukan sebelum bayi anda pulang ke rumah. Anda juga akan diajarkan mengenai pelaksanaan infant cardiopulmonary resuscitation (pemberian napas dan kompresi jantung buatan pada bayi/CPR).

Penyelesaian di Rumah
Bayi prematur harus diberi makan setiap saat, dan akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di rumah. Terimalah beberapa bantuan yang ditawarkan selama di rumah untuk beberpa minggu kedepan, sehingga anda anda juga dapat terbiasa dengan keberadaan bayi di rumah. Istirahat yang Cukup di Malam Hari bagi Anda dan Bayi Anda Bayi anda membutuhkan banyak tidur untuk bisa tumbuh dan berkembang. Bayi anda dapat beristirahat dengan mudah, begitu juga anda. Anda dapat mengikuti beberapa saran untuk menidurkan bayi anda sebagai berikut :
Posisi Tidur : Telentang The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa bayi yang sehat ditidurkan dengan cara telentang. Bayi-bayi yang tidur pada perutnya (tengkurap) beresiko tinggi terhadap sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS-Sudden Infant Death Syndrom).
Menempatkan bayi pada punggungnya saat tidur tidak meningkatkan resiko pada problem lain (contohnya, tersedak, kepala rata/flat head, atau susah tidur). Bagaimana pun juga bayi prematur dengan masalah tertentu (seperti masalah paru-paru) dapat membutuhkan tidur dengan cara menyamping. Terlepas dari apakah bayi anda tidur dengan punggung atau menyamping, bayi anda membutuhkan “tummy time” saat dia bangun. Tanyakan dokter spesialis anak anda mengenai posisi tidur yang baik untuk bayi anda. Sebagai tambahan dalam posisi tidur yang baik, anda dapat mengurangi resiko SIDS dengan cara berikut :

* Menjaga letak selimut, bantal, mainan bayi di luar tempat tidur bayi.
* Pastikan kamar tidur bayi anda tidak terlalu panas atau dingin.
* Tidak merokok dalam kamar bayi.
* Mendapat perawatan kesehatan reguler untuk bayi anda.
* Memberikan ASI pada bayi anda.

Jika Anda Membutuhkan Dukungan
Kadangkala orang tua membutuhkan bantuan dalam merawat bayi prematur. Atau membutuhkan orang lain untuk mengatasi faktor stres menjadi orang tua baru. Jika masalah ini timbul, maka :

* Berbicaralah dengan dokter spesialis anak anda untuk mendapatkan dukungan terbesar.
* Mengambil kelas parenting atau bergabung dengan parent support group. Pihak rumah sakit dapat menawarkan hal ini atau memberikan seorang konselor jika anda membutuhkan bantuan seorang profesional. (DO)

Sumber : http://happimommi.wordpress.com/2008/09/08/apa-yang-diharapkan-ketika-membawa-pulang-bayi-prematur/#more-238

0 komentar:

Posting Komentar